Ditunggu Sarannya :

Day 1970. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 06 Februari 2012

Mencari Nilai Terendah/Rata - Rata Tanpa Melihat Nilai NOL



Dikala saya mengolah data nilai siswa semua mungkin dianggap selesai setelah semua nilai rampung saya entrykan, tapi timbul masalah disaat saya harus menjadikan database nilai tersebut menjadi sebuah laporan, karena semuanya harus ada rekap nilai tertinggi, nilai rata-rata, nilai terendah atau apapun supaya si pembaca dapat merangkum isi database tersebut dengan cepat, sama mungkin ya dengan software - software atau aplikasi yang canggih yang tujuannya untuk mempermudah user tapi justru malah jadi merepotkan hehehehe......atau mungkin SDM usernya kali ye ?
eh malah ngelantur,,,,, maaf ya,,,,
kali ini saya akan berbagi sedikit dengan formula yang biasa saya gunakan,,,,;
menjumlahkan data nilai dengan tidak mengikut sertakan nilai 0 "=SUMIF(range_nilai_siswa;">0")
atau mungkin formula khusus ;
mencari nilai rata - rata tanpa mengikut sertakan nilai 0 "=AVERAGE(IF(range_nilai_siswa>0;range_nilai_siswa))"
mencari nilai terendah tanpa mengikut sertakan nilai 0 "=MIN(IF(range_nilai_siswa>0;range_nilai_siswa))"
kedua rumus di atas pada saat akan menekan enter pijit bareng juga di keyboard ctrl dan shift,,,,selamat mencoba !!! saya yakin suatu saat anda akan perlu dengan formula ini.

Entri Terpopuler

Koleksi Posting :

Baca Juga :